Senin, 02 Maret 2020

pengenalan jaringan

IP Address (Internet Protocol Address) adalah nomor biner atau identitas numerik yang yang dipakai disetiap komputer agar komputer tersebut dapat saling berhubungan. IP Address terdiri dari 4 blok angka desimal dimana angka tersebut tidak boleh melebihi nilai 255. Sebenarnya komputer hanya mengirim dan menerima data dalam bentuk kode biner (hanya angka satu dan nol). IP Address yang terdapat dalam komputer juga merupakan sebuah kode biner yang di terjemahkan kedalam angka – angka .
Sebagai Contoh IP Address adalah :192.168.1.3 atau bisa juga dalam bentuk biner adalah : 11000000.10101000.00000001.00000011. IP Address memiliki 2 jenis yaitu IPv4 dan IPv6 . IPv4 atau IP versi 4 adalah IP yang memiliki panjang angka 32 bit sedangkan IPv6 atau IP versi 6 adalah IP yang memiliki panjang angka 128 bit. Terbentuknya IPv6 karna antisipasi dari melonjak nya pengguna internet dari hari ke hari untuk IPv4 bisa menampung host sebanyak 4.294.967.296 sedangkan IPv6 bisa menampung pangkat 4x dari IPv4.
IPv4 terbagi menjadi beberapa kelas,yaitu: Kelas A, Kelas B, Kelas C, Kelas D, dan Kelas E. Berikut adalah data pembagian kelas IP


DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual.

simpelnya:DHCP adalah yg memberikan alamat ip secara otomatis ke client/server,klo pakek Static maka masuk nya ip harus secara manual(di atursendiri).

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih ke titik komputer.

server adalah yang mengatur/memberikan layanan jaringan ke client.
client adalah yang mengunakan layanan jaringan yg di berikan server.

IP Static adalah ip yang ditetapkan secara manual dan tidak akan berubah-ubah, serta diubah oleh admin. IP statis biasa dipakai pada jaringan lokal, IP statis ini biasa disetting pada router agar supaya mudah dikenali dan mudah di ingat. IP statis ini masih banyak digunakan oleh ISP.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang sesuai dengan artikel diatas jangan berkomentar spam dan pornografi

cara memperbaiki flasdiks eror

langkah-langkah memperbaiki flasdisk 0bytes/tidak terdeteksi di komputer 1.buka diskpart pada start menu  2. diskpart  > Tekan Enter 3...