Selasa, 18 Februari 2020

pengertian jaringan lan,man,wan


1. Jaringan LAN (Local Area Network) – Apa Itu LAN?

Image: pro.co.id
LAN (Local Area Network) adalah suatu jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah lokal, dalam artian, jaringan ini hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang berada di area LAN saja.
LAN dapat menghubungkan sebuah perangkat ke internet dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana. Seperti hanya dengan menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.
Adapun beberapa contoh jaringan LAN, yakni adalah seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, perusahaan, warnet, dan banyak lainnya. Itu adalah beberapa contoh jaringan LAN yang mudah ditemukan.
Frequensi lan
  •  802.11b, perangkat dengan standar versi ini mempunyai kecepatan transfer data sampai 11Mbps pada frekuensi 2,4 GHz.
  • 802.11a, perangkat dengan standar versi ini  mempunyai kecepatan transfer data sampai 54 Mbps pada frekuensi 5 GHz.
  • 802.11g, perangkat dengan standar versi ini mempunyai kecepatan transfer data sampai 54 Mbps pada frekuensi 2,4 GHz. Wireless LAN merupakan teknologi yang berhasil dan populer, yang menyebar luar dan diintegrasikan ke dalam laptop sebagai perangkat standar. Berikut ini adalah perbandingan antara teknologi wireless LAN dan wireless WAN:
·          
 Kelebihan Jaringan LAN 
  • Keamanan lebih Terjamin karena IP Lokal hanya Terhubung sebatas Switch kemudian Router
  • Dapat Melakukan Penggunaan Sumber Daya Secara Bersama - Sama 
  • Tidak Banyak Penggunaan Kabel
  • Sistem yang Terhubung ke Terminal Lebih Banyak
  • User Intarfarce yang digunakan adalah Fasilitas yang Baku 
Kekurangan Jaringan LAN 
  • Jika Banyak PC yang terhubung Jaringan LAN akan Melambat
  • Sistemnya Menggunakan 1 Jaringan Maka Masih ada Kemungkinan Jaringan Bisa Di Retas
  • Jika Salah 1 PC yang Terhubung terkena Virus Maka PC yang Tersambung dengan LAN tersebut juga akan terkena Virus 
  • Software harus Dirancang untuk Multi User
  • LAN begitu Lambat di Speed Modemnya
  • Penemu LAN CARD. Robert Metcalfe adalah seorang jenius yang telah menemukan suatu konsep dasar Ethernet
2. Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) – Apa Itu MAN?
Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) - adalah jenis jaringan komputer yang jangkauannya lebih luas serta lebih canggih dibandingkan dengan jaringan komputer LAN. Disebut dengan Metropolitan Are Network dikarenakan jenis jaringan komputer ini digunakan untuk dapat menghubungkan jaringan komputer yang ada dari satu kota ke kota lainnya.
Untuk bisa membuat sebuah jaringan MAN, biasanya akan dibutuhkan operator telekomunikasi yang mana dapat menghubungkan antara jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya. Misalnya saja, jaringan Depdiknas antar wilayah atau kota bahkan pula jaringan mall-mall agar dapat saling berhubungan dengan antar kota yang ada. Jaringan ini mencakup suatu kota yang dibekali dengan kecepatan transfer data yang cukup tinggi. Dapat dikatakan jika jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN.


Jangkauan untuk jaringan MAN sendiri berkisar hingga 10-50 km. Jaringan MAN hanya mempunyai satu atau dua kabel namun tidak dilengkapi dengan elemenswitching yang dapat berfungsi untuk membuat rancangan menjadi lebih simpel. Kabel tersebut juga berfungsi untuk mengatur paket daya dengan melalui kabel output. Namun ada alasan utama mengapa MAN dipisahkan sebagai kategori khusus. Hal ini dikarenakan sudah ditentukannya standar untuk jaringan MAN. Bahkan standar tersebut kini sedang diimplementasikan. Standar yang dimaksud adalah DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau yang dikenal 802.6 sesuai dengan standart IEEE. DQDB terdiri dari 2 buah kabel yaitu unidirectional yang mana semua komputer terhubungkan.
Sebenarnya terdapat 2 jenis koneksi yang biasanya digunakan, pertama yaitu koneksi yang menggunakan cara wireless dan yang kedua adalah koneksi yang menggunakan kabel fiber optic. Misalnya saja jaringan yang terdapat pada Bank. Setiap bank tentu saja memiliki kantor pusat dan kantor cabang. Dari setiap kantor, baik itu kantor pusat ataupun cabang tentunya memiliki jaringan LAN, yang mana penggabungan dari jaringan LAN yang ada di setiap kantor-kantor akan membentuk jaringan MAN. Jaringan MAN ini biasanya dapat menunjang data baik itu teks ataupun suara. Bahkan dapat pula berhubungan dengan gelombang radio ataupun jaringan televisi kabel.
Wireless MAN biasanya dapat bermain pada beberapa frekuensi, antara lain adalah 900 MHz, 1.5 GHz,2 GHz, 2.5 GHz, 3.3 GHz, serta 5.8 Ghz. Dan frekuensi yang saat ini diijinkan oleh Pemerintah Indonesia untuk digunakan masyarakat umum adalah pada frekuensi 2.4 GHz.

3. Jaringan WAN (Wide Area Network) – Apa Itu WAN?

Image: denizarc.wordpress.com
WAN (Wide Area Network) adalah salah satu jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah super luas dan menggunakan teknologi yang super canggih apabila dibandingkan dengan jaringan LAN maupun MAN.
Tidak tanggung-tanggung, jaringan ini sendiri biasanya digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain. Bahkan, dari suatu benua ke benua lainnya. Untuk dapat menghubungkan ke berbagai negara, jaringan WAN terhubung dengan menggunakan kabel fiber optic dan menanamkannya di dalam tanah maupun di jalur bawah laut.
Biasanya Wireless WAN menggunakan jaringan selular untuk transmisi data dan contoh sistem selular yang digunakan adalah CDMA, GSM, GPRS, EDGE, 3G, dan HSPDA. Komputer portabel dengan modem wireless WAN terhubung ke base station pada jaringan nirkabel melalui gelombang radio.Antenna yang terdapat pada tower radio kemudian membawa sinyal ke mobile switching center, di mana data dilewatkan ke jaringan yang sesuai.Koneksi ke Internet dilakukan dengan menggunakan koneksi koneksi wireless service provider. Wireless WAN menggunakan jaringan selular eksisting sehingga bisa melakukan panggilan suara melalui wireless WAN. Baik telepon selular dan kartu wireless WAN bisa melakukan panggilan suara dan juga melewatkan data pada jaringan nirkabel WAN. Berikut ini adalah gambaran dari jaringan nirkabelWAN :
GSM
GSM (Global system for mobile communications) merupakan koneksi yang sangat standar, hampir semua penyedia layanan telepon genggam di dunia pake teknologi ini. Sangat penting untuk memahami frekuensi yang dipake, karena produsen telepon genggam dan penyedia layanan jaringan biasanya cuma ngasih info yang sangat sedikit.
Mayoritas dari jaringan GSM menggunakan frekuensi 900MHz dan 1800MHz, namun di Amerika Serikat lebih mengenal frekuensi 850MHz dan 1900MHz. Kalo frekuensi di atas sudah didukung oleh penyedia layanan jaringan, maka biasanya teknologi ini disebut dengan tri-band phone dan dapat digunakan di Eropa, Amerika dan banyak wilayah lain. Untuk di wilayah timur, dibutuhkan teknologi quad-band phone.


GSM (sumber: gsm-history.org)
Berikut frekuensi pada 3 Operator Terbesar di Indonesia:
Indosat: 890 – 900 Mhz (10 Mhz)
Telkomsel: 900 – 907,5 Mhz (7,5 Mhz)
Excelcomindo: 907,5 – 915 Mhz (7,5 Mhz)
Hampir semua ponsel GSM cuma dipake buat melakukan panggilan telepon, tapi bisa juga loh dipake untuk mengakses internet melalui jalur GPRS.
GPRS
GPRS adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengirimkan data dengan kecepatan hingga 114 Kbps. Bisa dipake internetan, misal browsing dan kirim e-mail. Untuk penggunaan daya baterai masih terbilang sangat hemat, tapi kalo kita bandingin dengan teknologi di tahun 2017, pastinya koneksi ini bener-bener lambat banget buat mayoritas pengguna smartphone. Buat menerapkan pengaturan koneksi GPRS di smartphone juga terbilang cukup mudah, hampir seluruh operator udah nyediain pengaturan secara otomatis, atau kalo handphone kamu engga terdaftar, maka kamu tinggal ngeliat pengaturan manual di situs resmi penyedia jaringan yang kamu gunakan.
EDGE
EDGE (Exchanged Data rates for GSM Evolution) merupakan perkembangan dari sistem GPRS, kecepatan unduhnya bisa mencapai 384 Kbps. Dapat digunakan untuk mengirim data yang cukup besar, dan teknologi ini sangat penting buat smartphone manapun. Bahkan smartphone kalian yang super canggih pun juga masih make loh.

3G
Frekuensi 3G di 2,1 GHz hanya menyisakan dua blok kanal saja. Tak akan cukup untuk lima operator 3G yang ada di Indonesia. Di tengah kekurangan frekuensi ini, memang harus ada alternatif lain untuk membuka jalur baru spektrum pita lebar seluler.

Menurut sejumlah praktisi telekomunikasi, ada sejumlah alternatif frekuensi yang bisa digunakan untuk memperluas cakupan 3G di Indonesia. Selain di 2,1 GHz, 3G juga bisa di 900 MHz, 1.800 MHz, atau bahkan di 700 MHz.
3,5G (HSDPA / HSUPA)
HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) adalah sebuah teknologi yang dikembangin dari jaringan 3G. HSDPA mendukung kecepatan hingga 7.2Mbps. Pada kenyataannya, kamu paling cuma bisa dapetin kecepatan paling tinggi sekitar 2Mbps, tentunya dengan kecepatan seperti ini, sangat berguna pas kita pengen nonton Youtube dan transmisi data lain yang membutuhkan kecepatan tinggi. Tentu saja handphone kamu harus mendukung jaringan ini untuk dapat menikmatinya.
HSUPA (High Speed Uplink Packet Access) adalah teknologi yang sama, tapi lebih fokus pada urusan upload ‘unggah’. Walaupun pada umumnya, orang-orang lebih mementingkan kecepatan download dibandingkan upload, kedua teknologi ini jika digabungkan maka akan menciptakan HSPA (High Speed Packet Access
HSPA (Plus)
HSPA+ merupakan evolusi dari HSPA (HSDPA & HSUPA) yang memungkinkan kita mendapatkan kecepatan internet yang lebih cepat. Kecepatan unduh maksimal dari teknologi ini mencapai 56 Mbps, walaupun pada kenyataannya HSPA+ di Indonesia cuma bisa dinikmati dengan kecepatan download sekitar 5 Mbps. Ini dikarenakan masih banyak operator yang menyediakan layanan jaringan 3G belum mengganti perlengkapannya agar dapat mendukung bandwidth yang lebih besar.
LTE
Long Term Evolution or LTE merupakan langkah pertama untuk mewujudkan teknologi 4G yang sebenarnya. Kecepatan 100 Mbps hingga 1Gbps akan tersedia secara mobile, seperti ketika kita berkendara di mobil, atau ketika kita sedang berjalan di taman. LTE diharuskan menggunakan nama 4G LTE, untuk menghindari kebingungan para konsumer dengan adanya istilah 3.5G atau 3.75G yang beredar sekarang. Ada dua kandidat standar untuk jaringan 4G yang dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMAX (Korea Selatan sejak 2006) dan standar Long Term Evolution (4G LTE). Untuk sekarang, LTE menawarkan kecepatan unduh maksimal 299,6 Mbps walaupun ada sedikit kontroversi mengenai kecepatan pada beberapa operator yang sudah menyediakan jaringan LTE, terkadang kecepatannya malah lebih rendah dibandingkan jaringan yang menyediakan teknologi HSPA+. Kemungkinan hal ini bisa terjadi karena sinyal 4G LTE sendiri masih belum begitu tersebar secara menyeluruh di Indonesia.
Sama seperti teknologi 3G, mengakses internet dengan menggunakan sinyal LTE akan mengakibatkan daya baterai kamu cepat habis. Kalo emang ngerasa sinyal 4G di daerah kamu masih jelek dan engga butuh-butuh amat ya mending stay aja di koneksi 3G.

Kelebihan Jaringan WAN
  1. Bisa diakses dengan jangkauan area grografis yang luas.
  2. Dapat berbagi (share) software dan resources dengan koneksi workstations.
  3. Pesan dapat dikirim dengan sangat cepat kepada orang lain.
  4. Semua orang bisa memperoleh informasi update secara real time.
  5. Berbagi informasi/file (share) melalui area yang lebih besar.
Kekurangan Jaringan WAN
  1. Biaya operasional mahal.
  2. Dalam hal settingan atau pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu alat-alat yang diperlukan juga sangat mahal.
  3. Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan bisa mengganggu jaringan ini.
  4. Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.

Tabel.1 Pembagian kanal pada frekuensi 2,4 GHz
Kanal
Frekuensi
1
2.412 GHz
2
2.417 GHz
3
2.422 GHz
4
2.427 GHz
5
2.432 GHz
6.
2.437 GHz
7
2.442 GHz
8
2.447 GHz
9
2.452 GHz
10
2.457 GHz
11
2.462 GHz
12
2.467 GHz
13
2.472 GHz
14
2.477 GHz
Tiap negara mempunyai aturan yang berbeda-beda dalam penggunaan channel diatas, Misalnya saja untuk beberapa daerah di Amerika, hanya dapat menggunakan Kanal 1 hingga kanal 11, dieropa menggunakan kanal 1 hingga 13, sedangkan jepang sendiri yang mempunyai tingkat teknologi tinggi hanya bermain pada kanal 14.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah yang sesuai dengan artikel diatas jangan berkomentar spam dan pornografi

cara memperbaiki flasdiks eror

langkah-langkah memperbaiki flasdisk 0bytes/tidak terdeteksi di komputer 1.buka diskpart pada start menu  2. diskpart  > Tekan Enter 3...