Rabu, 19 Februari 2020

pengertian komputer


komputer adalah alat untung mengelola data/angka menurut produsen yg telah di rumus kan.
komputer jaman dulu sama jaman modern itu berbeda

Charles Babbage. Seorang pakar matematik itu berhasil menemukan sebuah mesin hitung yang disebut komputer pada tahun 1822. jadinya komputer jaman dulu itu cuma bisa menglola angka aja berbeda dengan sekarang sekarang komputer bisa mengelola data
data di bagi jadi 3 bagian 1.data berupa gambar untuk menampilkan gambar pada komputer
                                         2.data berupa video untuk menampikan video pada komputer
                                         3.data berupa teks untuk menampilkan teks pada komputer

    

Sejarah Lengkap Komputer

Sejarah Komputer
Setelah mengetahui definisi komputer dan fungsi komputer, tentunya Anda harus mengetahui sejarah komputer dan perkembangannya. Sehingga ketika Anda nanti diberi pertanyaan mengenai sejarah lengkap komputer, Anda bisa menjelaskan dengan tepat. Untuk itu, berikut ini merupakan sejarah lengkap komputer.

1. Generasi Tabung Vakum

Penciptaan komputer untuk pertama kalinya diciptakan pada tahun 1946 serta menggunakan tabung vakum untuk komponen baku pada komputer ini. Penggunaan tabung vakum sangat tidak efisien karena dapat menghasilkan panas berlebih serta membutuhkan daya listrik yang besar. Komputer ini dibuat oleh Mauchly dengan menggunakan 18.000 tabung vakum berukuran 1800 ftdan berat 30 ton.
Komputer generasi pertama ini masih menggunakan bahasa mesin sebagai bahasa pemrogramannya. Bahasa mesin sendiri juga menjadi bahasa pemrograman yang paling dasar dan hanya bisa dipahami oleh komputer. Dalam satu waktu, komputer generasi pertama dapat memecahkan masalah dengan kemampuan yang terbatas.
Input yang digunakan pada komputer generasi pertama ini menggunakan sebuah kartu berlubang atau punched card serta pita kertas. Sedangkan untuk output yang digunakan, komputer generasi pertama menggunakan output berupa print-out. Hampir sekitar 1 juta dollar dihabiskan untuk membuat komputer yang sangat menakjubkan pada masanya.

2. Generasi Transistor

Sejarah komputer berlanjut pada generasi transistor. Adanya transistor ini juga dapat menjadi tanda munculnya generasi kedua dari komputer. Sehingga tabung vakum tergantikan dengan transistor ini yang mana dapat meningkatkan teknologi pada masa tersebut.
Teknologi transistor ini dipakai sekitar tahun 1959 sampai 1965. Jika dilihat lagi, ukuran transistor jauh lebih kecil dibandingkan dengan tabung vakum. Selain dari segi ukuran, panas yang dihasilkan juga lebih sedikit. Tidak hanya itu, tingkat kegagalan cenderung lebih kecil. Sehingga, transistor dapat menjadi komputer yang lebih baik dari komputer dengan tabung vakum.
Untuk bahasa pemrograman yang digunakan pada komputer ini, tentunya menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda. Jika sebelumnya menggunakan bahasa mesin, maka pada generasi ini sudah menggunakan bahasa assembly. Pada masa ini juga, bahasa pemrograman CBOL dan FORTRAN juga sedang dikembangkan.

3. Generasi IC

Untuk generasi ketiga, komputer pada masa ini menggunakan sirkuit terintegrasi atau IC sebagai pengganti transistor. Transistor pada generasi sebelumnya diperkecil kemudian diletakkan pada IC yang mana pada IC terdiri dari berbagai transistor, resistor, serta kapasitor. Teknologi ini pertama kali dikembangkan oleh seorang insinyur listrik yang bernama Jack Kilby.
Jack Kilby kemudian diberi penghargaan nobel atas penemuan komputer generasi ketiga ini. Hal ini dikarenakan penemuannya dapat membuat komputer menjadi lebih cepat dan efisien serta membuat komputer dengan IC lebih cepat dari generasi sebelumnya.
Selain itu, komputer IC merupakan komputer pertama yang menggunakan keyboard dan monitor yang mana sebelumnya masih menggunakan kertas. Karena ukurannya lebih kecil dan harganya yang murah, orang-orang pada masa itu dapat membeli komputer ini.

4. Generasi Microprosessor

Sejarah komputer dan perkembangannya berlanjut hingga pada microprocessor yang sampai saat ini masih digunakan oleh masyarakat, termasuk masyarakat Indonesia. Awal dari komputer microprocessor ini dibuat oleh IBM pada tahun 1971 yang kemudian pada 1984 Apple merilis Macintosh.
Lahirnya generasi komputer microprocessor ini juga menjadi penanda kelahiran internet. Perkembangan dari komputer ini bisa dilihat dengan adanya GUI sebagai tampilan, mouse, serta komputer jinjing atau laptop.

5. Generasi AI

Sejarah komputer dan perkembangannya terus berlanjut sampai saat ini hingga tercipta sebuah teknologi bernama AI. Generasi komputer AI yang berarti kecerdasan buatan ini dapat melakukan input yang lebih baik.
Bahkan dengan teknologi AI ini, kita dapat menginput bahasa yang diucapkan sehari-hari serta dapat mempelajari lingkungan sekitar serta menyesuaikan keadaan. Sehingga teknologi AI ini dinilai menjadi terobosan terbaru dari komputer, tidak jarang juga banyak developer yang menggunakan sistem AI.

Penutup

Adanya teknologi saat ini dapat memudahkan pekerjaan manusia dalam pekerjaannya, salah satu alat tersebut adalah komputer. Definisi komputer sendiri bisa diartikan dengan sebuah alat untuk menerima input dan memprosesnya yang kemudian dapat menampilkan output.
Sejarah komputer terus berkembang dari masa ke masa yang mana sudah disampaikan pada poin di atas. Dengan mengetahui sejarah lengkap komputer ini, definisi komputer, serta fungsi komputer ini tentunya dapat membuat pikiran kita terbuka. Selain itu, kita dapat menerima perkembangan jaman dan bisa memanfaatkan teknologi dengan baik.
Nah mungkin sekian sejarah komputer yang harus kalian tahu, semoga contoh komputer generasi pertama, kedua, ketiga, keempat, kelima yang sudah saya sampaikan dengan gambar komputer masing-masing, diatas dapat menambah wawasan kamu,  sehingga dapat menjadikan sebuah sejarah makalah komputer yang selalu dikenang dan dipelajari seteiap saat, Terimakasih ðŸ˜€ .

2 komentar:

berkomentarlah yang sesuai dengan artikel diatas jangan berkomentar spam dan pornografi

cara memperbaiki flasdiks eror

langkah-langkah memperbaiki flasdisk 0bytes/tidak terdeteksi di komputer 1.buka diskpart pada start menu  2. diskpart  > Tekan Enter 3...